RI Harus Kembangkan Industri Fashion Hingga Kosmetik Syariah

Ditambahkan Jokowi, beberapa topik yang dibahas dalam rapat pleno ini di antaranya perkembangan soal ekonomi dan keuangan syariah. Lalu langkah-langkah percepatan masterplan arsitektur keuangan syariah Indonesia. “Ketiga apa yang bisa dilakukan dalam sektor keuangan ekonomi syariah. Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia kita memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan sektor keuangan dan ekonomi syariah. Untuk itu, kita sangat serius menggarap potensi ini. Saya melihat angka-angkanya menunjukkan peningkatan,” ucap Jokowi.
Pada sektor industri keuangan ekonomi syariah, Jokowi memaparkan aset ekonomi syariah terus meningkat pada tahun 2017. Tercatat sebesar Rp 435 triliun atau sekitar 5,8% dari total aset perbankan Indonesia.
“Begitu juga pasar modal syariah angkanya terus membaik. Indonesia adalah penerbit terbesar untuk internastional sukuk pangsa pasar. Sukuk kita mencapai 19% dari seluruh sukuk yang diterbitkan berbagai negara. Selain itu total industri aset negara non bank syariah juga naik dua kali lipat dalam 5 tahun terakhir ini,” tuturnya.
Dalam rapat terbatas ini hadir pula Wakil Presiden HM Jusuf Kalla. Selain itu ada juga Menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, dan Anggota pembina UKP-PIP Ma’ruf Amin. Lalu ada pula Kepala BKPM Thomas Lembong, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.
Ini Penjelasan Pihak Perusahaan, Izin Usaha AXA Life Dicabut
Dalam rapat pleno soal Komite Nasional Keuangan Syariah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan jika banyak hal yang bisa dikembangkan dalam ekonomi syariah Indonesia. Misalnya saja di bidang industri dan makanan.
PT RIFANFINANCINDO BERJANGKA
Apalagi, Jokowi menuturkan jika Indonesia masuk lima besar negara yang mengkonsumsi obat-obatan halal di dunia. Hal itu dikatakan Jokowi di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/2).
Ini 32 Peraturan ESDM Tak Jelas yang Dicabut Jonan
“Dalam ekonomi syariah banyak potensi yang bisa dikembangkan dan harus segera di garap mulai dari bidang industri, fashion busana, busana Muslim, industri makanan halal, industri farmasi dan juga sektor pariwisata,” kata Jokowi.
“Kita memiliki tingkat konsumsi makanan halal terbesar di dunia. Indonesia masuk 5 besar negara dengan konsumsi produk obat-obatan dan juga kosmetik halal terbesar di dunia,” lanjut dia.